Notification

×

Iklan

Iklan


PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae Yong Hingga 2027

Jumat, 28 Juni 2024 | Juni 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-28T16:16:00Z

 

PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae Yong Hingga 2027
Foto : CNN Indonesia

EKSEMPLAR.COMJakarta, 28 Juni 2024 - PSSI resmi mengumumkan perpanjangan kontrak Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Kamis (28/6) malam. 


Dalam rilis resminya, PSSI menyatakan bahwa kesepakatan ini dicapai setelah kedua pihak menyetujui hak dan kewajiban masing-masing. 


Kontrak baru ini akan mengikat Shin hingga Juni 2027, atau selama tiga tahun ke depan.


Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan bahwa kinerja Shin telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi sepak bola Indonesia. 


Sejumlah pencapaian penting berhasil diraih oleh pelatih asal Korea Selatan ini. 


Di antaranya adalah membawa Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024, mencapai playoff Olimpiade 2024, serta lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.


"Coach Shin telah membawa Timnas sampai round tiga piala dunia dan sampai playoff Olimpiade. 


Kinerjanya telah memberikan dampak positif bagi sepak bola Indonesia," ujar Erick Thohir. 


Sebelum pengumuman resmi ini, Erick sudah memberi isyarat bahwa Shin akan tetap bertahan bersama Timnas Indonesia, terlihat dari unggahan foto berjabat tangan dalam balutan pakaian formal di Instagram.


"Kami bersepakat untuk terus berjuang bersama agar Tim Nasional Indonesia semakin maju, berprestasi, dan mendunia," demikian keterangan gambar dalam unggahan tersebut. 


Shin Tae Yong pun menyambut baik keputusan ini. Pelatih berusia 53 tahun ini mengikrarkan kesiapannya untuk kembali memimpin skuad Garuda hingga Juni 2027.


"Kami memutuskan untuk bekerja sama dengan presiden [Ketua Umum] PSSI sampai 2027. Tolong dukung sepak bola Indonesia yang banyak," tulis Shin di kolom komentar unggahan Erick.


Shin Tae Yong pertama kali dikontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 28 Desember 2019. 


Saat itu, ia diminta untuk menangani tiga kategori tim sekaligus, yaitu U-20, U-23, dan tim senior, dengan durasi kontrak empat tahun hingga 28 Desember 2023. 


Pada pertengahan 2023, saat Erick Thohir mulai menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, Shin ditawari perpanjangan kontrak selama enam bulan hingga 28 Juni 2024 dengan dua target utama yang harus dipenuhi.


Target pertama adalah lolos dari babak grup Piala Asia 2023 di Qatar, dan target kedua adalah lolos dari babak grup Piala Asia U-23 2024. 


Shin berhasil memenuhi target tersebut dengan membawa Indonesia hingga babak semifinal. 


Kesuksesan ini mendorong Erick untuk menawarkan kontrak baru hingga 28 Juni 2027, yang akhirnya disepakati dalam sebuah jamuan makan malam di Qatar.


Namun, Shin memilih untuk menuntaskan tugasnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebelum menandatangani kontrak baru tersebut. 


Pencapaian signifikan di ajang ini membuat posisi tawar Shin semakin kuat, dan akhirnya kontrak perpanjangan resmi diumumkan oleh PSSI.


Informasi ini disadur dari berbagai sumber, bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca setia Eksemplar.com.*