Notification

×

Iklan

Iklan


ITIF 2024 : MRAT Ajak Investor Kembangkan Sektor Industri Pariwisata Indonesia

Senin, 10 Juni 2024 | Juni 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-10T04:00:23Z
Direktur MRAT jadi narasumber di ITFI 2024/doc.MRAT


EKSEMPLAR.COM - Jakarta, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mengajak para investor untuk bersama sama mengembangkan sektor industri pariwisata yang berkelanjutan, sehat dan berbasis budaya.


Hal ini disampaikan oleh Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Kusuma Anjani saat menjadi narasumber pada acara International Tourism Investment Forum (ITIF) 2024,  di kawasan Proyek Strategis Nasional, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Rabu, 5 Juni 2024.


Kusuma Anjani menyampaikan pentingnya ITIF sebagai wadah untuk investor guna meningkatkan kesadaran akan sektor pariwisata menjadi industri yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab.


“Sebagai industri dibidang usaha holistic, mencakup beauty, health dan wellness, MRAT  memiliki peran penting dalam mewujudkan visi ini dengan menghadirkan layanan dan produk yang mendukung kebangkitan pariwisata berkelanjutan yang sehat, berbasis budaya,“ujar Kusuma Anjani.


Global wellness economy telah mencapai nilai US$ 5,6 triliun, meningkat sekitar 14% dari tahun 2019, menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan pemulihan yang lebih cepat setelah pandemi. Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya dan tumbuhan herbal, memiliki potensi besar dalam sektor wellness.


Dengan populasi terbesar ke-4 di dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam mengoptimalkan wisata kesehatan dan budaya. Untuk meningkatkan potensi ini, Mustika Ratu bekerja sama dengan Sheraton Jogjakarta hotel yang berlokasi dekat Prambanan, menyediakan spa wellness center yang menawarkan perawatan spa dan ruang meditasi untuk memberikan pengalaman tak terlupakan kepada pelanggan dalam mendapatkan definisi kesehatan yang sesungguhnya.


Kesehatan dan wellness saling berhubungan satu sama lain, jadi kita melihat bahwa kesehatan adalah tujuan sementara wellness adalah perjalanan meraih kesehatan optimal jadi kombinasi keduanya merupakan suguhan menarik selain itu uga memiliki dampak keberlanjutan di masa depan,” tambahnya.


Forum yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama United Nations Tourism dari tanggal 5-6 Juni 2024 dihadiri tokoh-tokoh penting, serta para stakeholder terkemuka dari dalam dan luar negeri yang diharapkan dapat mendorong sinergi antar sektor dan negara dalam memajukan industri pariwisata Indonesia menuju pertumbuhan yang berkelanjutan.


Dengan tema "Elevating Tourism Investment for Sustainable Growth," ITIF 2024 mengarahkan fokus pada pariwisata berkelanjutan, mengingat prinsip planet, people, dan prosperity yang selalu menjadi acuan dalam pengembangan parekraf.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan “Forum ini bertujuan untuk menarik investasi yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga berdampak positif pada lingkungan dan masyarakat," ujar nya.


Sebagai produsen produk kecantikan, jamu, dan kesehatan yang telah berkecimpung sejak tahun 1975, Mustika Ratu telah membuktikan komitmennya dalam memanfaatkan tumbuh-tumbuhan khas Indonesia yang berharga untuk kesehatan dan kecantikan dengan nilai budaya leluhur yang tinggi, tidak hanya bagi masyarakat Indonesia tetapi juga para wisatawan mancanegara.


Perawatan Spa bisa menjadi salah satu contoh aktivitas wisata yang relevan karena memiliki unsur kesehatan dan warisan budaya. Salah satu contoh adalah Taman Sari Royal Heritage Spa, sebagai destinasi wisata sehat yang menawarkan perawatan spa dengan teknik pijat khas Jawa dan menggunakan produk yang terbuat dari tanaman herbal Indonesia.


“Kami memiliki spa budaya berbasis Jamu atau berbasis Jawa, yang selain menarik pelestarian budaya, kami juga mempromosikan produk budaya tetapi juga produk alami dan Jamu dan ternyata ada peningkatan yang signifikan pada tahun ini,” ujarnya.


Produk suplemen dan minuman jamu kesehatan Ready To Drink (RTD) Mustika Ratu juga memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat, terutama untuk menunjang pariwisata yang sehat dan aman. Keunggulan produk ini terletak pada kemudahan penggunaannya, memungkinkan para pelancong untuk membawanya kemanapun saat berpergian, menjaga kesehatan mereka selama liburan atau perjalanan.


Begitu juga kebutuhan akan produk kesehatan dan kebersihan wisatawan, Mustika Ratu menghadirkan produk premium amenities dengan brand "Anargya," yang menjadi pilihan terpercaya di jaringan seluruh Marriot International Indonesia, mengusung konsep bahan alami Indonesia yang aman, nyaman, higienis, dan mewah.

 

MRAT telah membuktikan diri sebagai pemimpin dalam industri ini. Kontribusinya pada event ITIF 2024 menegaskan peran penting Mustika Ratu dalam memajukan pariwisata yang berkelanjutan dapat diterima baik dari dalam negeri maupun luar negeri.


Hingga saat ini, MRAT berhasil mengekspor produknya ke 43 negara. Prestasi ini menunjukkan bahwa produk beauty, healty dan wellness Indonesia memiliki daya saing tinggi di pasar global dan mampu bersaing dengan produk-produk internasional lainnya.***