Notification

×

Iklan

Iklan


Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Siap Gelar Pemilihan Puteri Indonesia 2024

Jumat, 01 Maret 2024 | Maret 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-01T06:39:54Z

konferensi pers YPI dan MRAT/ist

 

EKSEMPLAR.COM - Jakarta, 29 Februari 2024 – Yayasan Puteri Indonesia (YPI) dengan dukungan penuh dari PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) kembali menggelar ajang tahunan yang bergengsi, Pemilihan Puteri Indonesia ke-27 tahun 2024 dengan tema yang menginspirasi, "Mewujudkan Generasi Berkarakter Menuju Indonesia Maju Berkelanjutan".


Sebanyak 42 finalis Puteri Indonesia dari berbagai provinsi di Indonesia, dengan latar belakang profesi yang beragam seperti dokter, influencer, model, karyawati, dan mahasiswi dari berbagai universitas, baik dari dalam maupun luar negeri, telah bersiap untuk bersaing memperebutkan 4 mahkota Borobudur yang mewah, agung, dan mempesona, sebagai persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT) untuk Puteri Indonesia 2024. 


Mahkota tersebut terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan, Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata, dan Mahkota untuk Puteri Indonesia Kebudayaan 2024.


Para finalis sebelumnya telah mengikuti serangkaian kegiatan pembekalan dan kelas selama Pra Karantina dari tanggal 20 hingga 27 Februari, yang dilanjutkan dengan karantina Puteri Indonesia dari tanggal 29 Februari hingga 9 Maret 2024.


Pembekalan dan Kegiatan Karantina


Selama masa karantina, para finalis akan menjalani berbagai pembekalan dan kelas, termasuk Beauty Class dan Product Knowledge bersama Mustika Ratu, serta pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 


Mereka juga akan mendapatkan kunjungan dan pembekalan keuangan bersama PT Bank Central Asia Tbk, serta mengikuti beragam acara seperti Welcome Dinner di Plataran, Talent Show, National Costume & Preliminary di Balai Sarbini, Konservasi Mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove, public speaking, koreografi, dan kegiatan lainnya.


Kini, para finalis telah siap untuk menjalani masa karantina yang diawali dengan Shasing Ceremony dan konferensi pers Pemilihan Puteri Indonesia 2024 yang digelar di Denpasar Room, Hotel The Westin Jakarta pada Kamis, 29 Februari.


Konferensi Pers Puteri Indonesia 2024 dihadiri oleh sejumlah panelis terkemuka, antara lain Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang juga Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Prof. Dr. Wadirman Djojonegoro, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, Direktur PT Mustika Ratu Tbk dan juga Ketua Pemilihan Puteri Indonesia, Kusuma Anjani, Vice President CSR PT Bank Central Asia Tbk, EVP of Corporate Communication dan Sustainability BCA Hera F. Haryn, Director Marketing Communication Hotel The Westin Jakarta, Yudith Dwi Astuti, Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari, Puteri Indonesia Lingkungan 2023, Yasinta Aurellia, dan Puteri Indonesia Pariwisata 2023, Lulu Zaharani.


Tema Pemilihan Puteri Indonesia 2024


Dalam konferensi pers tersebut, Dewan Pertimbangan Presiden dan Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, menyampaikan bahwa tema Pemilihan Puteri Indonesia 2024 adalah "MEWUJUDKAN GENERASI BERKARAKTER MENUJU INDONESIA MAJU BERKELANJUTAN".


Putri Kus Wisnu Wardani menekankan pentingnya aspek kecantikan bukan hanya sebatas wajah semata, namun juga kecerdasan, keterampilan, tata krama pergaulan, perilaku yang baik, serta sikap yang benar dalam menghadapi pilihan sulit dalam kehidupan. Hal ini merupakan kualitas seorang Puteri Indonesia yang seutuhnya.


Melalui upaya dan niat baik ini, Yayasan Puteri Indonesia berharap dapat turut serta mendukung terealisasinya visi Indonesia Emas 2045 dengan memanfaatkan bonus demografi untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju yang adil, makmur, dan sejahtera sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa.


Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang, menyatakan bahwa di tengah semangat pemberdayaan perempuan Indonesia, PT Mustika Ratu Tbk telah berkomitmen sejak tahun 1992 untuk mendukung kemajuan perempuan Indonesia melalui ajang bergengsi Puteri Indonesia.


Bingar Egidius Situmorang menegaskan bahwa tujuan PT Mustika Ratu Tbk bukan hanya untuk membina para puteri yang berprestasi, namun juga untuk mengembangkan potensi mereka sehingga dapat menjadi pemimpin masa depan yang berperan aktif dalam memajukan produk-produk asli Indonesia, mempromosikan pariwisata dan budaya, serta perdagangan Indonesia di tingkat lokal dan internasional.


Dukungan dari Sektor Perbankan


Vice Presiden CSR PT Bank Central Asia Tbk, EVP of Corporate Communication dan Sustainability BCA Hera F. Haryn, menggarisbawahi peran penting perempuan dalam semua sektor, termasuk dalam sektor ekonomi dan perbankan.


Hera F. Haryn menegaskan bahwa BCA memahami pentingnya meningkatkan inklusivitas dan penguatan peran perempuan dalam ekonomi Indonesia. Sejak tahun 2023, BCA telah mendukung penyelenggaraan Pemilihan Puteri Indonesia sebagai bagian dari komitmen BCA untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan memberdayakan perempuan di berbagai sektor.


Selama menjalani serangkaian masa karantina, 45 finalis Puteri Indonesia mendapatkan pelayanan dan kenyamanan terbaik di hotel resmi mitra, Hotel The Westin Jakarta, dari tanggal 29 Februari hingga 9 Maret 2024. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk relaksasi dan perawatan kesehatan dari Taman Sari Royal Heritage Spa.


Malam Puncak Grand Final


Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 akan diselenggarakan pada Jumat, 8 Maret di Plenary Hall, Jakarta Convention Center. 


Acara ini akan dihadiri oleh para pemenang kontes kecantikan internasional sebelumnya, seperti Miss International 2023 dari Venezuela, Miss Supranational 2023 dari Ekuador, dan Miss Charm 2023 dari Brasil. 


Acara ini juga akan disiarkan langsung oleh televisi nasional SCTV, serta dapat disaksikan melalui live streaming di YouTube dan media sosial Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu dari seluruh dunia.


Ada beberapa gelar yang akan diperebutkan di malam grand final, termasuk Puteri Indonesia 2024, Puteri Indonesia Lingkungan 2024, Puteri Indonesia Pariwisata 2024, Puteri Indonesia Kebudayaan 2024, RU IV Puteri Indonesia 2024, RU V Puteri Indonesia 2024, dan gelar-gelar lainnya.


Untuk pemenang Puteri Indonesia juara 1, 2, 3, dan 4, mereka akan berkesempatan untuk mewakili Indonesia di berbagai kontes kecantikan internasional seperti Miss International, Miss Supranational, Miss Charm, dan Miss Cosmo.


Dengan semangat yang menggelora dan komitmen yang kokoh, Pemilihan Puteri Indonesia 2024 yang diselenggarakan oleh Yayasan Puteri Indonesia dan didukung oleh PT Mustika Ratu Tbk siap menjadi momentum penting dalam mewujudkan visi Indonesia yang lebih baik dan maju ke depannya.***