Notification

×

Iklan

Iklan


Universitas Indonesia (UI) Jalin Kerjasama Dengan Mustika Ratu (MRAT), Sinergi Dunia Akademi dan Pelaku Industri

Rabu, 15 November 2023 | November 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-15T06:48:04Z


 

EKSEMPLAR.COM - Depok, Universitas Indonesia (UI) telah menjalin kerja sama yang PT Mustika Ratu Tbk. (MRAT), mengukuhkan sinergi di bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, terutama dalam ranah Manufacturing Kosmetik dan Jamu Tradisional. 


Langkah ini diresmikan melalui penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dan UI pada Senin, 21 Desember 2020, di Gedung Rektorat, Kampus UI, Depok. 


Acara prestisius ini dimeriahkan oleh kehadiran Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang, dan Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D.


Nota Kesepakatan Bersama yang ditandatangani mencakup beragam aspek yang menggambarkan komitmen kedua belah pihak. 


Mulai dari penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan, Kegiatan Ilmiah, Penelitian, Seminar, dan Lokakarya, hingga fokus pada peningkatan kompetensi sumber daya manusia. 


Pengembangan inovasi produk baru, manufacturing, dan komersialisasi produk kategori kosmetik dan obat tradisional turut menjadi fokus utama kerjasama ini. 


Tidak ketinggalan, kerja sama juga mencakup kegiatan lain yang diakui bersama.


PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), yang diinisiasi oleh DR. BRA. Mooryati Soedibyo, cucu Raja Kasunanan Surakarta Paku Buwono X, telah menjelma menjadi pionir dalam industri kosmetik, jamu, dan kesehatan di Indonesia. 


Menyandang keyakinan bahwa kebaikan alam Indonesia dapat memberikan manfaat bagi manusia, 


Mustika Ratu menggabungkan kearifan lokal dengan teknologi terkini melalui tim Research and Development yang solid. 


Tim internal ini, yang terdiri dari Pharmacist, Chemist, Microbiologist, dan Dokter, menjadi motor penggerak dalam pengembangan produk herbal dan kosmetik.


Mustika Ratu tidak hanya berfokus pada inovasi produk, tetapi juga pada visi holistik layanan kecantikan dan kesehatan. 


Komitmen untuk terus berinovasi dan bertransformasi dalam menghadapi dinamika pasar terbukti melalui susunan direksi dan komisaris yang beragam, membawa nuansa profesionalisme dari berbagai sektor, termasuk Fast Moving Consumer Goods (FMCG).


Sementara itu, UI sebagai lembaga pendidikan modern, terbuka, dan multi budaya, terus mengukir prestasi sebagai universitas riset terkemuka di dunia. 


Dengan fokus pada tiga rumpun ilmu, yaitu Ilmu Kesehatan, Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Ilmu Sains dan Teknologi, UI menjunjung tinggi upaya pencapaian tertinggi dalam penemuan, pengembangan, dan penyebaran pengetahuan.


Presiden Direktur PT Mustika Ratu, Bingar Egidius Situmorang, menegaskan bahwa kerja sama dengan UI tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, tetapi juga untuk melakukan penelitian, pelatihan, dan pengembangan inovasi baru. 


Artikel ini telah tayang sebelumnya dengan judul "Universitas Indonesia (UI) Jalin Kerja Sama dengan Mustika Ratu (MRAT)"


Dengan memanfaatkan kekayaan alam Indonesia, khususnya tumbuhan yang telah diulas dalam buku "Alam Sumber Kesehatan" oleh DR. BRA Mooryati Soedibyo, kerja sama ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam pengembangan produk Herbal dan Kosmetik.


Bingar Egidius Situmorang menyatakan, "Ini akan menjadi kerja sama yang baik untuk kedua belah pihak." 


Harapannya didukung oleh Prof. Ari Kuncoro, Rektor UI, yang menyatakan dukungan penuh terhadap kolaborasi ini sebagai langkah penting dalam mendukung pengembangan akademik, riset, dan inovasi, terutama di masa pandemi ini.


Sebagai penutup, Prof. Ari Kuncoro berharap agar kemitraan ini menjadi "jembatan emas" bagi UI dan Mustika Ratu, membuka pintu lebar dalam pengembangan sektor pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi, sejalan dengan cita-cita Pembangunan Berkelanjutan.***