Notification

×

Iklan

Iklan


TikTok Shop Bakal Kembali ke Indonesia, Merger dengan GoTo?

Jumat, 24 November 2023 | November 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-24T03:11:32Z

 


Jakarta, 24 November 2023 - Kabar baik bagi para pengguna TikTok Shop di Indonesia. Setelah dihentikan pada Maret 2023 lalu, layanan belanja online dari TikTok tersebut dikabarkan akan kembali dibuka.


Kabar ini disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Ia mengatakan bahwa TikTok telah menghubungi beberapa perusahaan e-commerce di Indonesia, termasuk Tokopedia, Bukalapak, dan CTCorp.


Cara Menggunakan Minyak Zaitun Mustika Ratu untuk Menjaga Awet Muda


"TikTok sudah hubungi Bukalapak, Tokopedia, CT Corp juga dihubungi. Nah, apakah mereka penjajakan (kerja sama) saya enggak tahu tapi itu urusan mereka," ujar Teten.


Teten juga mengatakan bahwa TikTok kemungkinan akan bergabung dengan salah satu perusahaan e-commerce tersebut. Hal ini dilakukan untuk memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.


"Sebetulnya mereka sudah proses tapi karena memang tak ada peralihan transisi di regulasi itu, mereka enggak sanggup dalam waktu 1 minggu memenuhi regulasi. 


Terutama, memisahkan social commerce dengan sosial medianya," ujar Temmy Satya Permana, Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Kemenkop UKM.


Mustika Ratu (MRAT) Balikkan Rugi Jadi Laba Rp83,46 Juta di Kuartal III/2023, Kinerja Makin Tokcer ?


Regulasi yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, dan Label Pangan Olahan. 


Peraturan ini mengharuskan pelaku usaha social commerce untuk memiliki izin usaha perdagangan.


Sementara itu, pihak TikTok belum memberikan komentar terkait rencana tersebut.


Manfaat Merger TikTok Shop dan GoTo


Jika merger antara TikTok Shop dan GoTo benar-benar terjadi, maka akan ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh.


Pertama, merger tersebut akan menciptakan platform e-commerce yang lebih besar dan terintegrasi. TikTok Shop memiliki basis pengguna yang besar, sementara GoTo memiliki pengalaman dan infrastruktur yang mumpuni dalam bidang e-commerce.


Kedua, merger tersebut akan membuka peluang baru bagi pelaku usaha UMKM di Indonesia. TikTok Shop memiliki fitur yang memudahkan UMKM untuk berjualan secara online. Sementara itu, GoTo memiliki jaringan yang luas yang bisa membantu UMKM untuk menjangkau lebih banyak konsumen.


Kabar kembalinya TikTok Shop ke Indonesia tentu merupakan hal yang positif. Merger antara TikTok Shop dan GoTo pun memiliki potensi untuk menciptakan platform e-commerce yang lebih besar dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.***