Notification

×

Iklan

Iklan


Pentingnya Siaran Pers untuk Peluncuran Produk

Rabu, 08 November 2023 | November 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-08T04:24:47Z

 


EKSEMPLAR.COM - Meluncurkan produk baru adalah sebuah langkah besar. Produk ini pasti telah melalui banyak proses. Mulai dari penelitian, pengujian, pengembangan, kontrol dan jaminan kualitas, hingga peluncuran. 

Karena itu, produk ini perlu dipromosikan dengan baik dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat siaran pers tentang peluncuran produk. 

Siaran pers yang ditulis dengan baik tidak akan secara ajaib membuat semua situs di internet membicarakan Anda. 

Namun, hal ini akan membawa cerita Anda ke hadapan audiens yang tepat jika Anda memilih rekan media yang tepat berdasarkan bidang Anda.       

Jangan khawatir jika Anda tidak yakin rekan media mana yang tepat. Anda selalu dapat meminta layanan distribusi siaran pers untuk menganalisis, mengedit, dan mengirimkan siaran pers Anda ke rekan media yang tepat.        

Pentingnya Siaran Pers untuk Peluncuran Produk 

Siaran pers peluncuran produk adalah dokumen yang layak diberitakan tentang kisah produk Anda dan peluncurannya kepada audiens yang lebih luas.  

Ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan liputan media dan eksposur yang luas untuk produk baru Anda. 

Ini akan menciptakan kesadaran yang kuat dan masuk ke dalam benak audiens yang Anda targetkan.   

Calon audiens Anda mungkin tidak akan langsung mengambil keputusan pembelian. 

Namun, mereka akan mulai mempelajari produk baru Anda dan membicarakannya dengan teman dan/atau keluarga mereka. Hasilnya, Anda akan memiliki lebih banyak pembeli potensial.   

Singkatnya, siaran pers untuk peluncuran produk cukup hemat biaya, dapat meningkatkan kesadaran, dan dapat memberi Anda lebih banyak calon pembeli daripada yang pernah Anda bayangkan.   

8 Elemen Siaran Pers untuk Peluncuran Produk   

Sebagai alat Public Relations (PR) yang penting dan kuat, siaran pers peluncuran produk harus ditulis dengan baik. Untuk melakukannya, Anda perlu memahami elemen-elemen kuncinya:    


1. Logo 

Logo adalah representasi visual dari identitas dan nilai-nilai merek Anda. Dengan logo yang menarik, orang akan mengenali merek Anda, produk dan/atau layanan Anda, dan perusahaan Anda. 

Jadi, pastikan Anda membuat dan menampilkan logo Anda dengan jelas, karena ini akan membantu orang untuk mengenal citra merek Anda. 


2. Informasi Kontak 

Siaran pers Anda harus menyertakan informasi kontak yang benar. Jika editor atau jurnalis perlu mengajukan beberapa pertanyaan, maka mereka dapat menghubungi Anda dengan lebih mudah.  

Karena ini ditujukan kepada editor atau jurnalis, maka jangan sampai mengisinya dengan informasi kontak layanan pelanggan. Di elemen ini, Anda dapat menyertakan informasi kontak direktur pemasaran atau petugas hubungan masyarakat yang relevan.  


3. Judul yang bagus 

Tidak peduli seberapa bermanfaat dan hebatnya produk atau siaran pers Anda, tanpa judul yang bagus, itu tidak akan menarik. Hal ini akan mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan banyak pembeli potensial.     

Jadi, buatlah judul yang bagus dan menarik. Buatlah judul yang singkat (kurang dari 80 karakter) dan tepat tentang produk Anda. Ini akan membuat audiens Anda penasaran dan ingin membaca siaran pers Anda. 


4. Pendahuluan 

Paragraf pertama harus berhubungan dengan audiens. Mulailah dengan memberi tahu alasan mereka membutuhkan produk Anda. Ini termasuk masalah mereka dan solusinya. Kemudian perkenalkan produk baru Anda. 


5. Isi

Setelah memperkenalkan produk Anda di paragraf pertama, ceritakan kisah di baliknya kepada audiens. 

Anda bisa menceritakan apa yang menginspirasi Anda untuk membuat produk ini, kolaborasi (jika ada), dan menekankan pentingnya produk ini bagi audiens. Jika Anda tidak memiliki cerita yang menarik untuk diceritakan, maka jelaskan cara menggunakan produk baru ini.  


6. Visual yang Menarik 

Selanjutnya, gunakan visual yang berkualitas tinggi dan mudah dibagikan untuk siaran pers Anda. Letakkan gambar yang relevan di sampul depan dan jika memungkinkan, sertakan video yang relevan dan menarik di tengah-tengah siaran pers.  

Hal ini akan membantu siaran pers Anda lebih menarik bagi jurnalis dan audiens. Visual yang menarik juga akan membantu audiens Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang produk Anda.   


7. Paragraf Penutup   

Untuk siaran pers peluncuran produk, paragraf penutup harus berisi kesimpulan dan ajakan bertindak. Jangan ragu untuk menyertakan hyperlink ke website Anda, nomor telepon, email, dan informasi lain yang relevan.   


8. Boilerplate 

Boilerplate adalah pernyataan singkat tentang merek Anda. Jelaskan apa yang dilakukan oleh merek Anda, visinya, misinya, dan nilainya. Informasi ini ditujukan kepada para jurnalis jika mereka ingin menyunting siaran pers Anda. Jadi, elemen ini tidak akan muncul seperti yang Anda tulis pada awalnya. 


Contoh Siaran Pers untuk Peluncuran Produk

Untuk pemahaman yang lebih baik, simak contoh siaran pers untuk peluncuran produk ini: 


Penggunaan perawatan kulit di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan hasil survei Alviro & Nay Research Center, 80% konsumen lebih banyak membeli produk perawatan kulit daripada produk makeup. 

Selama ini perawatan kulit identik dengan perawatan wajah. Padahal, perawatan kulit tubuh juga penting.  

Untuk memberikan perawatan yang lebih menyeluruh, beauty brand lokal AVA Beauty meluncurkan rangkaian produk bernama "AVA Joyous Series", yang berfokus untuk menjaga kesehatan, kelembapan, dan kesegaran kulit tubuh. 

AVA Beauty memperkenalkan dua produk baru, yaitu Joyous Body Serum & Joyous Fragrance Body Cream. Kedua produk ini juga melengkapi dua produk yang sudah ada sebelumnya, yaitu Joyous Body Scrub dan Joyous Fragrance Brightening Body Lotion. 

"Kebutuhan konsumen yang beragam memotivasi AVA untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk baru. Sesuai dengan namanya, kami harap rangkaian Joyous Body Care ini dapat menciptakan suasana hati yang ceria saat digunakan. Kami juga telah menanamkan produk perawatan tubuh ini dengan bahan-bahan aktif yang membantu kulit terlihat lebih cerah dan lembab, sehingga cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit kering atau kusam," ujar Ava Natalie, pendiri AVA Beauty. 

Joyous Body Serum mengandung niacinamide, glutathione, dan asam glikolat untuk membantu mencerahkan dan menjaga kekencangan kulit. Sementara itu, Joyous Body Cream mengandung Shea Butter, Hyaluronic Acid dan Aloe Vera Extract yang dapat melembapkan kulit dan menjaga elastisitasnya.

Ava menjelaskan bahwa untuk hasil yang maksimal, mulailah dengan menggunakan Joyous Body Scrub dan bilas dengan Shower Scrub. Setelah mandi, lanjutkan dengan body serum dan body lotion atau krim, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk meluncurkan rangkaian produk Joyous, AVA mengadakan acara peluncuran di Healthy Park pada hari Sabtu 20 Mei lalu, dengan menampilkan flash mob oleh Yulz Art of Dance, Tulus, Afgan, Rossa, dan Raisa. Acara ini akan berlangsung hingga Selasa 23 Mei 2023. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti akun Instagram @avabeauty.id.  ***