Notification

×

Iklan

Iklan


Lebih Dekat Dengan Mas Dar, Tokoh Muda Sekaligus Pengusaha Media Televisi Nasional Garuda TV

Kamis, 09 November 2023 | November 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-13T04:07:31Z
foto : Linkedin @Sudaryono 

EKSEMPLAR.COM - Kali ini kita akan mengenal lebih dekat dengan seorang tokoh muda Indonesia.

Sudaryono namanya. Beliau juga akrab dipanggil dengan sebutan Mas Dar baik oleh teman maupun mereka yang mengenalnya.


Sudaryono, seorang pengusaha dan aktivis muda, saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) untuk periode 2021-2026. 


Terpilihnya Sudaryono sebagai Ketua Umum DPP APPSI terjadi pada Munas IV yang diselenggarakan di Sibolangit, Sumatera Utara, pada bulan Agustus 2021 lalu.


APPSI merupakan sebuah organisasi yang mempersatukan para pedagang pasar, dan sebelumnya pernah dipimpin oleh tokoh terkemuka, Prabowo Subianto. 


Sebagai penerus Prabowo Subianto di APPSI, Sudaryono berkomitmen untuk mewujudkan visi Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.


Sudaryono secara aktif menjalani sejumlah kunjungan ke berbagai pasar di seluruh Indonesia. Ia berupaya memahami serta memperbaiki rantai distribusi pangan, dengan tujuan untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat. 


Berasal dari keluarga petani, Sudaryono memahami betapa pentingnya pendidikan sebagai kunci menuju masa depan yang lebih cerah.


Dalam dunia bisnis, sudah banyak lini bisnis yang beliau jalani. Yang terbaru, Mas Dar kini menjadi CEO Garuda TV, stasiun televisi berjaringan di Indonesia yang hingga berita ini dimuat telah bersiaran di kurang lebih 47 kota di Indonesia.


Penuh Prestasi Sejak Muda


Sudaryono menunjukkan bakatnya sejak dini. Ia meraih posisi terbaik di kelasnya dan mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di SMA Taruna Nusantara, mewakili Provinsi Jawa Tengah. 


Kemudian, setelah lulus, ia menerima beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Akademi Pertahanan Nasional, Jepang.


Selama berada di Jepang, Sudaryono tidak hanya mendapatkan disiplin militer, namun juga pengetahuan dan pengalaman mendalam tentang budaya Jepang, kualitas kepemimpinan, serta pandangan dunia yang lebih luas.


Sudaryono: Kembali Ke Indonesia


Setelah kembali ke Indonesia, Sudaryono bergabung dengan Prabowo Subianto sebagai asisten pribadi dan menjabat sebagai CEO di Nusantara Energy. 


Namun, tekadnya tidak berhenti di situ. Berkat kepemimpinan dan wawasan global yang telah ia peroleh selama berada di luar negeri, Sudaryono diberi kepercayaan untuk menjadi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) di Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA), yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.


Sudaryono juga sering berdialog dengan pedagang pasar bersama Prabowo Subianto. 


"Kita perlu berkolaborasi untuk memajukan pedagang, dan ke depannya, kita harus memberikan penguatan, pembelaan, serta dorongan yang kuat kepada para pedagang agar perekonomian masyarakat kita dapat tumbuh dengan baik," ujar Sudaryono.


Dengan dedikasinya yang tulus untuk kemajuan pedagang pasar di Indonesia dan latar belakang yang kaya akan pengalaman, Sudaryono menjanjikan masa depan yang cerah bagi APPSI dan komunitas pedagang pasar di seluruh negeri.


Layak ditunggu kiprah Mas Dar selanjutnya***